Pages

Upgrade RAM MR3220 / MR3420

A. Step by step upgrade.
Openwrt memposisikan router MR3220 sebagai komputer server dengan satu Port USB, tentu saja port USB ini siap di colok Hardware kompetibel dengan USB  spt: printer, webcam, flashdisk, modem dll.
openwrt juga menyediakan repository packet / software, sehingga bisa banyak software yang bisa di install di router. banyaknya software yg bisa di install, otomatis kebutuhan RAM meningkat.
dengan dalih spt di atas, maka saya pun memberanikan diri upgrade RAM. dan berikut kronologisnya.

step 1: Angkat IC RAM PC
saya set blower air : 4, heater : 5,5   sesuai seting yg biasa di pake yg empunya.(setelan meujeh na)

selanjutnya angkat DDR RAM dari RAM PC: langkah ini begitu mudahnya....cukup lumuri, panasin bentar, dgn bantuan ujung pisau cutter, si IC udah terangkat


step 2: Angkat IC RAM MR3220
sebelum pengakatan IC, saya pandangi IC yang menempel di PCB MR3220 sambil mengatur strategi teknik yg pas biar tuh IC mudah dan cepat terangkat dgn selamat.


dengan langkah yang sama dengan step satu, IC terangkat.... namun ada sedikit catatan pada step ini, tuh IC aga sedikit nakal, pemanasan agak lama/heater di set 6. sehingga IC RAM MR3220 yg origin beresiko jebol... (rusak), namun saya berdoa....mudah2an IC ori ga ikut angus..ngus.... :D.


step3: bersihkan PCB
saya bersihkan PCB dan rapihkan tempat kaki IC biar nanti mudah pin-pin IC nempel ke PCB.
saya gunakan solder yg runcing




step4: Pemasangan IC 64MB
ketika sudah bersih,
rapihkan pin IC dengan tambahan timah secukupnya. tempelkan IC 64MB di PCB. jangan lupa lumuri dengan pasta (prosedur standar angkat IC dan pasang IC pake pasta biar cepet cair timahnya) lalu panaskan. dengan bantuan pinset atur posisi IC pada tempat yg semestinya agar pin IC koneknya Gooood gitu hehe...


step5 pengetesan...


oww.... led nyala semua kecuali led wifi.........
saya penasaran apakah posisi ini RAM blm konek ato RAM tidak kompetibel. saya teliti tiap kaki dengan loupe. lalu saya panaskan lg biar yakin konek. saya nyalakan lg tuh router masih tetap sama spt di atas.

hingga step ini, sudah mengalami  5 kali pemanasan. lalu saya diskusi dengan temen sebelah yg biasa servis HP, apa mungkin jalur PCB ada yang putus???????? dan hasil diskusi berkesimpulan..."sesuai pengalaman... PCB jalur2nya kuat tidak mungkin rusak meskipun berkali-kali pemanasan." dari kesimpulan itu, maka saya fokus


B. Antisipasi
ini antisipasi yg saya lakukan
step-1: Ganti IC RAM dengan IC RAM yang lain
karena RAM PC semuanya ada 8 buah, dan baru terpakai satu. maka langkah berikutnya mengganti dengan IC berikutnya.
saya copot satu lagi IC RAM PC  lalu pasang di MR3220.
pengetesan : hasil sama dengan di atas.
hingga langkah ini saya tidak panik, karena IC Original toh masih ada. hehehe.... ketawa aja....
kalo udah dua IC yang di pasang tapi ga terdetek, kesimpulan tuh "RAM ga kompetibel titik"

step-2: Ganti IC RAM dengan IC Original
nah sampe di sini back to natural...... demi memperbaiki suasana.....
saya pasang IC ori ke MR3220, hasilnya kok kenapa router ku masih brick ......ow...ow....ow....
saya ukur koneksi pin IC ke PCB apakah 100%......... lalu saya panaskan lagi. hasil nya ow....ow....ow.. masih sama....
nah sampe sini saya berpikir "mungkin jalur PCB putus oh......." tapi rekan sebelah ku meyakinkan bahwa PCB itu jalurnya kecil resiko rusak meski di panasin berulangkali...... hehe...
kalo gitu kesimpulan "IC ori ku matot"

step-3: Panaskan dari Bawah PCB
langkah berikutnya meyakinkan koneksi pin IC ke  PCB dengan memanaskan dari bawah PCB, hingga IC bisa di tekan hingga nempel.
tapi kesimpulan "IC ori ku matot" terbukti...........
tenang dulu..... kita tidak merusak router secara keseluruhan... tapi hanya IC RAM nya saja yg rusak. anyway ^_^ bikin senyum aja....

step-4:solusi terakhir
solusi terakhir adalah mengganti IC dengan yg kompetibel ........
untunglah saya bawa IC cadangan yang kompetibel yaitu:
merk: hynix HY5DU*******  IC masih sama dgn yg ori yakni 32MB.
so..... upgrade 32MB to 64MB masih terhenti.

Hikmah:
- copot RAM original beresiko IC RAM matot
- Jalur PCB sangat kuat meski berkali-kali pemanasan
- IC RAM merk HYNIX kompetibel dengan MR3220/MR3420
- saya tidak kapok, malah semakin penasaran dan selanjutnya hunting hynix 64MB
- mitos "putus jalur PCB" terjawab sudah...





12 komentar:

  1. cihuy.... ada angin segar lewat...

    lanjutkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. meski ending-nya belum sesuai harapan, tapi beberapa mitos terjawab sudah

      Hapus
  2. pake piso kater ya. hmm, good idea

    BalasHapus
  3. aku lebih enak pake peso kater, tapi temen ku malah enak pake pinset yg ujungnya melengkung and runcing

    BalasHapus
  4. Pake IC RAM dg spek 32 x 16bit. Jangan 64 x 8bit.

    BalasHapus
  5. Wew br nemu nih tutor begini tapi ud keduluan dicoba modal nekat upgrade mr3420v2 ke 64mb buset dah 8x copot pasang tuh ic he3x baru jalan. Langkah terakhir yg sy lakukan sebelum pasang ic ramnya bersihkan dulu sisa timah pd jalur menggunakan solder wick smp bersih trus pasang ram menggunakan timah cair/pasta pengerjaan semua hanya menggunakan blower/solder uap.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Kalo uograde 16 x 64 gimana mas bisa?

    BalasHapus