Pages

Flash MR3220/MR3420 tanpa webinterface (Winscp)

Sekedar sharing pengalaman, dulu ketika pertama kali ganti firmware TL-MR3220 ke openwrt, belum baca referensi sana sini. langsung jeblos saja saya masukin tuh openwrt ke router saya, karna firmware bawaan tp-link semuanya ga cocok dengan modem ZTE MF627 dan starter pack IM2.al hasil router saya mati suri 3 hari 3 malam tanpa interface, ga detek modem, yang jelas ga bisa konek internet. tapi masih bisa respon dengan perintah "ping 192.168.1.1".
setelah melewati tiga malam saya bertirakat mencari ilham demi mengatasi masalah ini, barulah ada titik terang.  langkahnya adalah memasukan firmware original tplink ke router pake winscp, lalu login ke console openwrt dan lakukan flash seperti berikut:
1. saya install winscp: software ini untuk memudahkan tukar file antara windows dengan linux
2. saya install putty : untuk login ke console linux openwrt

setelah kedua software terinstall lalu download firmware original TP-link untuk MR3220. lalu saya rename file firmware ori tp-link menjadi code.bin supaya mudah dalam pengetikan.
langkah berikutnya adalah memasukan file code.bin ke folder /tmp di router menggunakan winscp (router harus di password):
- hubungkan kabel LAN PC ke Router
- lakukan seting winscp sebagai berikut
- lalu akan tampil jendela, jendela kanan=openwrt dan jendela kiri=windows. pindahkan (copy / F5) file code.bin ke /tmp


- login ssh menggunakan putty ke router seperti berikut:
- jika telah login ke console lakukan perintah sbb:

$ cd /tmp
$ mtd -e firmware -r write code.bin firmware 

tunggu hingga proses selesai dan selamat, MR3220 telah kembali.
ini berlaku juga untuk router yg lain selain MR3220, asal menggunakan firmware masing-masing
good luck

29 komentar:

  1. mo nanya,klo salah flash gmn ya? sy flash mnggunakan openwrt-ar71xx-generic-tl-mr3420-v1-jffs2-factory.bin di mr3420 saya, tp stelah booting kok malah mati ya led SYS nya..
    Di ping ga bisa, pake wireshark tak liat ipnya juga ga bisa (static maupun dhcp). Cara ngembaliinnya gmana ya? thanks

    BalasHapus
  2. mau nanya tp-link mr3420 saya kok lampu lednya nyala hidup nyala hidup,,,klo d akses 192.168.1.1 ngga bisa/networknya ngga konek gmana ya cara ngembalikan seperti semula

    BalasHapus
  3. kedua solusi di atas, debricking http://inranrumani.blogspot.com/search/label/debricking/

    BalasHapus
  4. openwrt masih lom stabil nih di 3020, serialnya stale setelah konek beberapa menit :nohope:

    BalasHapus
  5. Masbos, kalau ruternya belum dipassword apa bisa diakses menggunakan metode ini.
    Awal masalah karena ane upgrade firmware dengan file bin yang korup :(

    Login via 192.168.1.1 muncul the cgi process did not produce any response

    sementara login via putty ssh muncul access denied dengan user root tanpa password.

    Thanks for help...

    BalasHapus
  6. ini mr3220 v berapa?
    untuk tahu indikasi masih bisa diping dan tidak apa?
    192.168.0.1 bawaan mr3220 v2 apa setelah ganti wf openwrt berubah jadi 192.168.1.1?
    Mohon info selanjutnya....
    Thank's bro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh nebeng min..??
      masalh saya sm seperti mas AliveMA,
      tapi pas masuk wnSCP, paswordnya sya lupa,,
      karena sebelumnya sya reset routernya, pword blm smpat diganti.. trus langsung saya masukkan openwrt,, jadi gk bs lanjut ke PUTTY.. gmn solusinya mas?? ( punya saya udah kebaca 192.168.1.1 ) apakah masih bisa terselamatkan....?? mudah2n msh bisa

      Hapus
  7. Huawei HG553 abis flash openwrt bs ngeping reply tp ga bs masuk ssh or telnet..akses ke 192.168.1.1 error 404 not found..ga bs akses pake winscp jg..putty jg ga bs..network error : connection refused ini knp ya ada solusikah??

    BalasHapus
  8. apakah blog ini sudah tidak aktif lagi trimfsss

    BalasHapus
  9. hay min, numpang share ya
    saya juga mengalami nasib buruk yang sama kayak bang yudhi vowler dan bang AliveMa, sempat nunggu2 solusi dari blog ini juga

    alhamdulillah bisa diselesaikan
    saya pake tl mr 3420, awalnya saya pake openwrt yang ga ada webUInya, lalu saya pengin ganti dengan versinya kak Cindy Wijaya
    jadi untuk langkah di atas saya tidak saya gunakan untuk balik ke tplink, tapi ke openWRT yg baru (yg punya kan cindy)

    sebelum melakukan langkah di atas, saya mengganti pasword root
    1. kabel lan dicolok ke router dan laptop
    2. pastikan kebel power terhubung dengan sumber listrik
    3. tekan rombol power
    4. saat tombol sys kelap-kelip kayak bintang, segera tekan tombol reset
    5. buka putty, akses 192.168.1.1, ketik passwd sampai puttynya minta tulis password dan retype password
    6. paswordnya diinget2 dan ditulis, biar ga lupa lagi
    7. akses 192.168.1.1 via winSCP dengan password yg tadi kita bikin, lalu saya bisa menjalankan langkah2 di blog ini, semoga bermanfaat

    buat bang inran, makasi tutorialnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengaturan di putty gmna pa?? qo yg ane g sma kya d tutor???

      Hapus
    2. yang ane pas d open jd error pa...

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. password winspc nya ap boss....kumasukan password root kok acsess denied..... kemarin habis slah flas tp link mr 3420v2 file open wrt (openwrt-ar71xx-generic-tl-mr3420-v2-squashfs-factory.bin)

    BalasHapus
  12. ku coba ketik $ cd /tmp kok not found y

    kenapa gan?...file code.bin udah di masukan ke tmp

    BalasHapus
  13. Sumpahhh gannn... makasih banget, masalah ane jadi terpecahkannnnnnnnnn

    BalasHapus
  14. klo aplikasi WINscp ny ada g??

    BalasHapus
  15. thanks banget gan ane udah berhasil, ditambah tutorial gan rini
    ane cuma mau bantu aja buat yang masih sulit, habis selesai upgrade tpi ga bisa masuk ke 192.168.1.1 dan mau pake cara ini tapi ga tau passwordnya karena baru diupgrade firmware
    setelah dicoba menurut ane ini cara unbrick yang paling gampang

    bahan - bahan
    putty (telnet,ssh)
    winscp

    1. pertama ubah password agar bisa masuk ke ssh,
    nyalakan router lewat putty masuk ke telnet "passwd" ubah password menjadi root dan retype password root agar mudah

    note : apabila pesan coudl't not bla bla, coba ketik "firstboot"
    ulangi langkah tadi coba matikan router kemudian nyalakan router setetah lampu sys nyala langsung tekan tombol wps / reset sehingga lampu berkedip dengan cepat,
    kalau masih tidak bisa coba cara ini dibolak - balik ketik "firstboot" tanpa masuk kesafe mode (nyalakan router seperti biasa tanpa menekan apapun)

    kalau saya sendiri bisa mengubah passwd tanpa safe mode / nyala seperti biasa
    hasil password changed root bla bla by root
    sukses sehingga putty bisa digunakan

    2. masuk ke winscp login scp
    192.168.1.1 username & password root
    lalu akan tampil jendela, jendela kanan=openwrt dan jendela kiri=windows. pindahkan (copy / F5) file code.bin ke /tmp

    3. login ssh menggunakan putty ke router username dan password root

    4. jika telah login ke console lakukan perintah sbb:

    $ cd /tmp
    $ mtd -e firmware -r write code.bin firmware

    tunggu hingga proses selesai dan selamat, MR3220 telah kembali.
    ini berlaku juga untuk router yg lain selain MR3220, asal menggunakan firmware masing-masing
    good luck

    buat yang masih kesulitan coba PM ane dikaskus id ajitechno
    semoga membantu ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong minta bantuan yg jelas kalo bisa dengan gambar bos.makasih

      Hapus
    2. makasih gan.,,akhirnya routernya bisa normal lagi

      Hapus
  16. maaf admin numpang nanya, baru coba debricking, pakai usb to ttl, tapi gagal terus, apa penyebabnya ya?
    muncul pesan sepertti ini

    U-Boot 1.1.4-ge28c8345 (Jun 10 2014 - 17:57:43)
    AP121 (ar9330) U-boot
    DRAM: 32 MB
    led turning on for 1s...
    id read 0x100000ff
    flash size 4194304, sector count = 64
    Flash: 4 MB
    Using default environment
    In: serial
    Out: serial
    Err: serial
    Net: ag7240_enet_initialize...
    No valid address in Flash. Using fixed address
    No valid address in Flash. Using fixed address
    : cfg1 0x5 cfg2 0x7114
    eth0: 00:03:7f:09:0b:ad
    ag7240_phy_setup
    eth0 up
    : cfg1 0xf cfg2 0x7214
    eth1: 00:03:7f:09:0b:ad
    athrs26_reg_init_lan
    ATHRS26: resetting s26
    ATHRS26: s26 reset done
    ag7240_phy_setup
    eth1 up
    eth0, eth1
    auto update firmware: is_auto_upload_firmware = 0!
    Autobooting in 1 seconds
    hornet> erase 0x9f020000 +0x3c0000

    First 0x2 last 0x3d sector size 0x10000 61
    Erased 60 sectors
    hornet> tftpboot 0x81000000 code.bin
    dup 1 speed 1000
    Using eth1 device
    TFTP from server 192.168.1.100; our IP address is 192.168.1.111
    Filename 'code.bin'.
    Load address: 0x81000000
    Loading: T T
    Retry count exceeded; starting again
    ........................... BERULANG TERUS, mohon petunjuknya .....

    BalasHapus
  17. ikut belajar gan.punya ane 3220 gagal upgrade.

    BalasHapus
  18. terimakasih banyak gan infonya, routerku kembali bisa di pake lagi, terimakasih banyak pokoknya

    BalasHapus
  19. habis upgrade koneksi hilang.. SSID berubah nama ROOter mau masuk ke 192.168.1.1 tidak bisa karena nggk konek. minta password wifi dengan nama ROOter tu ada nggak ya

    BalasHapus
  20. Gan kok tp link mr3420 gagal terus downgrade firmwarenya ya? Tertulis di putty "[e]falied to erase block"
    Mohon bantuannya gan

    BalasHapus
  21. Napa tp link aku cuman tombol power ya maha nang hidup

    BalasHapus
  22. Mas mau tanya saya kan habis install openwrt led gambar gear nyala terus itu kenapa ya

    BalasHapus