Pages

Membuat full backup image openwrt dari Router Aktif (cloning image)

ketika kita telah cape install berbagai packet ke router openwrt, dan router udah ready online. namun ketika di tengah-tengah ada gagal seting, maka kita harus flash dari awal, ato reset menggunakan command "firstboot".

adakah cara lain untuk menyelamatkan image yang telah terinstall berbagai packet yang dibutuhkan, seperti Luci web interface + driver USB modem dll.
awalnya saya tidak yakin menggunakan cara ini, masih bimbang antara router jadi brick atau "on sesuai harapan"
openwrt menyimpan Firmware pada "mtd5" atau tempat menyimpan image yg kita flash ke router ternyata di mtd5. setelah di install berbagai packet-packet juga akan di masukan ke mtd5.
langkah membackupnya bisa login ke router menggunakan command:
langkah di atas membuat backup full firmware ke file "factory.bin" dan disimpan ke folder "/tmp"
simpanlah file image baru tersebut baik-baik di PC. untuk flash ke router kembali, seperti flash image standar saja. bisa upgrade dari Webinterface atau menggunakan winscp untuk copy image ke "/tmp" lalu login pake putty lakukan perintah

9 komentar:

  1. mas, apakah konfigurasi ikut tersimpan juga?

    BalasHapus
  2. itu input di Putty kn mas ?

    BalasHapus
  3. itu input di Putty kn mas ?

    BalasHapus
  4. kalo direset ilang semua setingan ya gan

    BalasHapus
  5. Hello. I upgraded my router from a previos openwrt version to a newer one. Then I realized that I forgot to backup my files and so I decided restore the bin file with firmware backup (which was from the previous openwrt version). Now I supposedly have the new openwrt version firmware with my files restored. How is this posible? Why is still the new version installed istead of returning back to the previous version? Thank you.

    BalasHapus